ARTIKEL

Sawah Kita Perlu Pupuk Organik

(dimuat juga dalam Agrina Vol. 8, No. 177)

Akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan oleh petani, hampir 60% dari luas sawah di Indonesia rusak atau sakit. Indikasi kerusakan terlihat dari menurunnya produktivitas tanah dan daya tahan tanaman. Untuk memulihkannya, perlu waktu hingga dua tahun atau enam musim tanam. Iskandar Andi Nuhung, Staf Ahli Menteri Pertanian, mengungkap, lahan pertanian khususnya di kawasan pantura seperti Indramayu sudah banyak yang kekurangan unsur mikro karena terlalu banyak digelontor pupuk anorganik. Keru ... (read more)

Kocek Tebal Berkat ExtraGEN

(dimuat juga dalam Agrina Vol. 8, No. 177)

Kondisi lahan pertanian yang kian berkurang kesuburannya berpeluang membuat petani merugi. Tak jarang petani putus aja sehingga meninggalkan lahannya dan beralih profesi. Achyani, misalnya, tidak demikian. Ia tetap menggarap sawah garapannya yang seluas tiga hektar meski hasilnya tidak lebih dari 4 ton gabah kering panen (GKP) per hektar. Namun petani padi yang menanam varietas Ciherang di Cikedung, Indramayu, Jawa Barat, ini juga berupaya mencari solusi agar sawahnya subur dan produkt ... (read more)

Panen Raya ExtraGEN Mengantar Petani Jadi Pintar

(dimuat juga dalam Agrina Vol. 8, No. 177)

Pada 2 April 2012 lalu, PT IndoRaya Mitra Persada 168 berkesempatan mengadakan Gebyar Panen Raya Petani ExtraGEN di Indramayu dan bekerjasama dengan agen setempat, yaitu Purwanto Kohan.Acara dihadiri lebih dari 300 petani itu ditandai dengan pemotongan padi oleh Iskandar Andi Nuhung, Staf Ahli Menteri Pertanian, Sugeng A. Achja, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Atik Chandra, Dirut PT IndoRaya Mitra Persada 168 (PT IMP 168), Srie Herawaty, Distributor ExtraGEN kawasan Jawa Ba ... (read more)

Manfaat Pupuk Organik

Manfaat Pupuk Organik Cair

MANFAAT PUPUK ORGANIK Meningkatkan lapisan olah permukaan tanah, Meningkatkan populasi jasak renik atau mikroorganisme tanah, Meningkatkan daya serap akar dan daya serap tanah terhadap air, Memperbaiki perembesan air, serta pertukaran udara dalam tanah Meningkatkan produksi tanaman semaksimal mungkin, Menstabilkan ph tanah, Meningkatkan kapasitas tukar kation, kapasitas buffer dan daya pegar air, Menyuburkan dan menggemburkan tanah, Mempercepat pros ... (read more)